Sabtu, 11 Mei 2013

TUGAS SOFTSKILL TENTANG PROFESI IT







 Tema saya pada tugas Softskill tentang Profesi IT ini yaitu :
“Database Administrator”


Database administrator (DBA) adalah orang yang bertanggung jawab untuk instalasi, konfigurasi, upgrade, administrasi, pemantauan dan pemeliharaan database dalam sebuah organisasi.


Perannya termasuk pengembangan dan desain database strategi, sistem pemantauan dan meningkatkan kinerja database dan kapasitas, serta perencanaan untuk kebutuhan ekspansi di masa mendatang. Mereka juga berencana, mengkoordinasikan dan melaksanakan langkah-langkah keamanan untuk melindungi database.


Kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi DBA adalah :

·       Communication skills

·       Knowledge of database theory

·       Knowledge of database design

·       Knowledge about the RDBMS itself, e.g. Oracle Database, IBM DB2, Microsoft SQL Server, Adaptive Server Enterprise, MaxDB, PostgreSQL

·       Knowledge of Structured Query Language (SQL) and procedural extension language, e.g. PL/SQL, SQL/PSM, Transact-SQL

·       General understanding of distributed computing architectures, e.g. Client/Server, Internet/Intranet, Enterprise

·       General understanding of the underlying operating system, e.g. Windows, Unix, Linux

·       General understanding of storage technologies, memory management, disk arrays, NAS/SAN, networking



Ø Profesi database administrator di Negara Indonesia.

Database Administrator

Database Administrator berkorelasi dengan sertifikasi ANTA ICA40299. Tugas database administrator yaitu memonitor dan administer sebuah database. (ANTA: ICAITS125A)


Ø Profesi database administrator di Negara Amerika Serikat.

Database administator memiliki tugas antara lain :

- Bekerja sama dengan profesional komputer lain seperti analis data, web peveloper dan programer komputer.

- Database Administrator mengidentifikasi kebutuhan klien dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan melalui data penelitian yang tepat, mengumpulkan data, mengorganisasikannya, dan mengelolanya.

- Database Administrator mengembangkan database komputer dan mengaturnya, termasuk menulis instruksi yang tepat melalui bahasa pemrograman komputer untuk mengumpulkan dan memilah data yang relevan.

- Database Administrator memastikan bahwa sistem komputer dan database bekerja dengan baik sebagaimana mestinya, hal ini dikenal sebagai database performance tuning.

- Database Administrator menguji sistem database untuk memastikan bahwa mereka bekerja dengan benar, memastikan mem-back up data yang dilakukan secara berkala dalam kasus data akan hilang atau hancur, memulihkan data yang hilang atau rusak, serta memastikan integritas dan keamanan data yang dikumpulkan. Apabila terjadi masalah dalam database, Database Administrator memperbaikinya untuk memastikan berfungsinya sistem, mengawasi dan mengendalikan sumber data dalam sebuah organisasi.

- Database Administrator memastikan bahwa data yang dibutuhkan selalu tersedia bagi mereka yang membutuhkan sehingga orang yang tepat selalu dapat menemukan data yang benar ketika mereka membutuhkannya, dan menghabiskan banyak waktu di depan komputer.


Keterangan :

secara umum pekerjaan pada bidang IT di Indonesia masih berpenghasilan sedikit jika dibandingkan dengan di luar negeri, contohnya seperti di Amerika.


Upah rata-rata tahunan dari DBA yang bekerja di Washington, DC adalah 91.120 US Dollar, yaitu sekitar Rp. 886.962.080 (kurs saat tulisan ini dibuat : Rp. 9734 / 1 US Dollar).


Sumber :



0 komentar:

Posting Komentar