Rabu, 07 Maret 2012

DEFINISI HARDSKILL



        Pada pembahasan sebelumnya saya telah menjelaskan “Apa itu SoftSkill ?. Dalam kehidupan yang kita jalani ini kita perlu yang namanya kemampuan. Karena kemampuan dapat membuat kita  lebih dari percaya diri lagi dalam menjalani hidup kita. Dengan kemampuan justru akan membuat kehidupan kita jauh lebih berharga dan bermanfaat lagi. Kemampuan bisa dikategorikan ada dua jenis softskill dan hardskill :
           Pada kesempatan ini Saya akan membahas tentang definisi hardskill.
hardskill adalah suatu kemampuan seseorang dalam ilmu pengetahuan / akademik yang kita dipelajari di sekolah dasar samapai kita mejadi sarjana. Mungkin dengan adanya hardskill kita lebih dapat mengetahui adanya wawasan-wawasan yang ada untuk ilmu pengetahuan kita.
         Hard skills juga berhubungan dengan kompetensi inti untuk setiap bidang keilmuan lulusan.
          Sebagai contoh, seseorang lulusan teknik informatika tentunya harus menguasai hard skill di bidang rekayasa perangkat lunak, web programming, dll yang tergolong hard skills di teknik informatika. Demikian juga seorang lulusan Akuntansi, misalnya harus menguasai analisis laporan keuangan, penyusunan anggaran, dll. Pada program retooling ternyata masih ada materi pelatihan ke arah hard skills tersebut. Hmmm jadi semacam pengulangan kuliah atau refreshing saja dong :). Pihak yang berwenang pun berkilah bahwa tidak semua perguruan tinggi berhasil mengajarkan hard skills tersebut, malah katanya hanya sekedar mata kuliah yang tercantum di Transkrip.
.Contoh hard skill meliputi:

     fasilitas dengan spreadsheet
     mengetik
     kemampuan dengan aplikasi perangkat lunak
     mengoperasikan mesin
     pengembangan perangkat lunak
     berbicara dengan bahasa asing
     hitungan

0 komentar:

Posting Komentar